SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya <p style="font-weight: 400;">Jurnal Synakarya: The Journal of Visual Communication Design, one of the journals published by the Faculty Architecture and Design, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, was established in Mei 2020 with online version of 2797-0353. Publishes twice times a year (Mei and October). Jurnal Synakarya publishes papers in the fields of graphic design, visual communication, visual culture, audio visual, web design, advertising, photography, videography, animation, multimedia, and game design.</p> en-US sri.wulandari.dkv@upnjatim.ac.id (Sri Wulandari, S.Sn., M.A.) restu.ismoyo.dkv@upnjatim.ac.id (Restu Ismoyo Aji, S.Sn., M.A.) Fri, 31 May 2024 06:56:17 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERANCANGAN STORYBOOK INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DAN KREATIVITAS ANAK DI WILAYAH SIDOARJO https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/111 <p style="font-weight: 400;">Literasi dan kreativitas anak melibatkan kemampuan mereka dalam membaca, menulis, dan memahami informasi serta melibatkan kemampuan mereka untuk berimajinasi, berinovasi dan mengekspresikan ide-ide baru. Keduanya penting dalam perkembangan anak karena literasi membantu mereka memahami dunia, sementara kreativitas memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan menemukan solusi yang inovatif. Untuk meningkatkan literasi dan kreativitas dan nilai-nilai karakter anak, penelitian merancang media pembelajaran berupa storybook pengenalan hewan yang menggabungkan pendidikan karakter dan stimulasi kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif dengan model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai seperti karakter religius, toleransi, persahabatan, kepedulian sosial, disiplin, dan perdamaian. Selain itu, buku ini juga bermanfaat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini.</p> Zakiyah Kharismatuzzahra, Aninditya Daniar* Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/111 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN KONTEN PROMOSI BUKU ANAK PADA AKUN INSTAGRAM PUSTAKA CEMERLANG https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/110 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membantu buku-buku Pustaka Cemerlang mencapai jangkauan konsumen yang lebih luas serta meningkatkan keterlibatan konsumen dengan akun Instagram Pustaka Cemerlang. Strategi yang diadopsi dalam penelitian ini adalah perancangan konten multimedia di platform Instagram. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, analisis konten promosi serupa lainnya, serta penerapan strategi kreatif dalam perancangan konten promosi yang sesuai dengan harapan brand Pustaka Cemerlang. Hal ini dilakukan khususnya dalam perancangan konten feeds dan reels untuk mempromosikan buku berjudul "Buku Aktivitas Muatan Lokal Anak bertema Sidoarjo Kebangganku," yang ditujukan untuk kalangan Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan daya tarik dan engagement konsumen terhadap akun Instagram Pustaka Cemerlang.</p> Dewi Kirana, Aninditya Daniar*, Bayu Setiawan Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/110 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN ILUSTRASI SEBAGAI SARANA MEMPROMOSIKAN PERSONAL BRANDING CV PUSTAKA CEMERLANG https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/115 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini menggambarkan profil Pustaka Cemerlang yang fokus pada pelayanan jasa penerbitan, distribusi dan percetakan untuk lembaga pendidikan. Terdapat kekurangan dalam pengembangan <em>personal branding</em> di lingkungan Pustaka Cemerlang, dengan penekanan pada citra konsisten dan penonjolan prestasi. Pembahasan juga mencakup manfaat personal branding dan peran media sosial. Selanjutnya, penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan yang fokus pada pengembangan ilustrasi untuk mendukung <em>personal branding</em>. Proses perancangan ilustrasi melibatkan analisis konsep, riset <em>style</em>, sketsa, dan proses pengerjaan dengan langkah-langkah detail. Tahap evaluasi dan revisi dilakukan untuk memastikan kualitas ilustrasi memenuhi standar Pustaka Cemerlang. Penelitian ini menghasilkan sebuah ilustrasi dengan generasi baru.</p> Zahra Rizky Nabilla, Aninditya Daniar*, Bayu Setiawan Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/115 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN DESAIN BUKU MENU UNTUK UMKM WARUNG BU IKA BLENDERAN KOPI https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/113 <div class="page" title="Page 1"> <div class="section"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p style="font-weight: 400;">UMKM merupakan unit usaha produktif yang berdiri secara mandiri, yang dijalankan oleh individu atau Badan Usaha di semua sektor ekonomi menurut Tambunan (2013:2). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pokok penting dalam perekonomian Indonesia yang perlu mendapat perhatian khusus karena dapat menyerap tenaga kerja serta mengurangi tingkat pengangguran di tengah persaingan pada pengerjaan sektor pekerjaan formal. Mendirikan bisnis UMKM relatif mudah dan tidak memerlukan investasi modal dengan jumlah yang besar. Selain itu, UMKM dapat membantu mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia dengan memberikan lapangan pekerjaan dan meningkatkan daya beli masyarakat. Penelitian ini ditujukan kepada program kerja yakni Warung Blenderan Kopi dengan metode penelitian kualitatif sebagai pendekatan studi kasus. Metode kualitatif berkaitan dengan metode survey, metode wawancara, dan metode <em>Focus Group Discussion</em> (FGD). Buku menu merupakan sebuah panduan yang digunakan oleh restoran untuk memberikan informasi kepada para pelanggan tentang beragam hidangan yang tersedia di restoran tersebut. Dengan diadakannya penelitian untuk pembuatan brand image pada Warung bu Ika Blenderan Kopi dapat memiliki identitas merek yang menjadi peningkatan kesadaran merek untuk memudahkan pengusaha lebih luas dalam memperluas jangkauan pasar, menjadi pembeda dengan pengusaha saingan, serta memiliki nama brand yang berkualitas, konsisten, serta identifikasi mudah dikenal.</p> </div> </div> </div> </div> bita lukito, Aninditya Daniar *, Bayu Setiawan Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/113 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN SOSIAL MEDIA MARKETING HOTEL GRAND HAWAII UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/116 <p><strong>Perancangan Sosial Media Marketing Hotel Garand Hawaii Untuk Meningkatkan Kesadaran Merk. </strong>manusia memiliki kemampuan untuk memproses data visual lebih baik daripada data lainnya. Oleh karena itu, dalam era digital yang terus berkembang, penggunaan sosial media menjadi lebih efektif dalam media promosi. Jurnal ini akan membahas keterkaitan gambar ilustrasi dengan personal branding suatu perusahaan terutama dalam konteks sosial media marketing sebagai media presentasi visual konsep, tema, dan ide. Desain sosial media dianggap memiliki keunggulan dalam menerangkan konsep-konsep kompleks dengan hasil yang lebih dapat diterima oleh pembaca atau konsumen zaman sekarang sehingga dapat menjadi elemen desain yang efektif untuk membantu mencerminkan dan menjelaskan nilai-nilai serta karakter perusahaan. Dengan adanya sosial media marketing, perusahaan dapat menarik lebih banyak perhatian audiens.</p> Farel Zaman, Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/116 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 PERAN DAN PENGARUH DESAIN GRAFIS DALAM PERANCANGAN MASKOT SEBAGAI IDENTITAS VISUAL PT COLAR CREATIV INDUSTRI (LIVING) https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/117 <p style="font-weight: 400;"><span style="font-weight: 400;">Dalam era digital seperti saat ini, industri hiburan, makanan, jasa, maupun perdagangan sebagian besar dilakukan secara digital ataupun </span><em><span style="font-weight: 400;">online</span></em><span style="font-weight: 400;"> yang sangat berpengaruh pada suatu </span><em><span style="font-weight: 400;">brand</span></em><span style="font-weight: 400;">, lembaga maupun instansi. Perkembangan era digital ini juga semakin lama semakin berkembang pesat, hal ini diakibatkan oleh keinginan masyarakat juga agar semua yang dilakukan bisa dicapai dengan ringkas dan efisien.</span></p> <p>&nbsp;</p> <p style="font-weight: 400;"><span style="font-weight: 400;">Dalam mendukung upaya tersebut, diperlukan implementasi sistem promosi yang efektif melalui media sosial, dengan fokus khusus pada desain grafis. Mulai dari perencanaan, perancangan, penetapan tujuan, hingga tahap proses desain. Penerapan desain grafis yang terstruktur menjadi kunci keberhasilan pemasaran produk, terutama bagi brand yang baru seperti Colar Living, sangat tergantung pada peran penting desain grafis dalam platform sosial media, seperti Instagram, yang tidak hanya menyediakan berbagi foto dan video tetapi juga memberikan beragam fitur untuk interaksi kreatif dan dinamis</span></p> <p>&nbsp;</p> <p style="font-weight: 400;"><span style="font-weight: 400;">Maskot ialah personifikasi </span><em><span style="font-weight: 400;">brand </span></em><span style="font-weight: 400;">dalam wujud karakter tertentu dengan sifat dan ciri khas yang mewakili </span><em><span style="font-weight: 400;">brand</span></em><span style="font-weight: 400;"> tertentu. Perancangan maskot bagi PT Colar Creativ Industri (Living) merupakan salah satu bagian dari </span><em><span style="font-weight: 400;">brand identity </span></em><span style="font-weight: 400;">Colar Living itu sendiri. Selain sebagai kebutuhan identitas visual, juga berfungsi sebagai alat komunikasi yang mampu menjembatani Colar Living dengan para audiensnya agar mudah diingat.&nbsp;</span></p> Safira Andini Maslahah, Pungky Febi Arifianto Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/117 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 PENERAPAN DESAIN GRAFIS SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI PT. COLAR CREATIV INDUSTRI BAGIAN COLAR LIVING https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/121 <p><span style="font-weight: 400;">Sebagai brand divisi baru dari PT. Colar Creativ Industri yang didirikan pada 2023, Colar Living perlu mengatasi tantangan ketenaran dan penjualan dengan meningkatkan visibilitas melalui desain grafis dalam setiap publikasi, sebagai langkah kunci untuk bersaing di pasar sejenisnya.&nbsp;</span></p> <p>&nbsp;</p> <p><span style="font-weight: 400;">Dalam mendukung upaya tersebut, diperlukan sistem promosi yang optimal melalui media sosial, terutama menggunakan Instagram. Instagram, sebagai jejaring sosial berbagi foto dan video, menyajikan beragam fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten secara dinamis dan kreatif. Platform ini telah terbukti menjadi alat efektif untuk keperluan pemasaran, promosi, dan interaksi sosial. Dalam penggunaan desain grafis pada publikasi konten, mulai dari perencanaan hingga proses desain, penerapan desain grafis yang terstruktur diharapkan memberikan hasil yang memuaskan. Peran krusial desain grafis sangat terasa dalam strategi pemasaran produk, terutama untuk brand yang baru seperti Colar Living</span></p> <p>&nbsp;</p> <p><span style="font-weight: 400;">Jurnal ini bertujuan untuk mengulas pentingnya desain komunikasi visual dalam merepresentasikan identitas, informasi, dan persuasi produk pada brand colar Living, menyoroti peran krusialnya sebagai media yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk dan brand Colar Living. Metode studi kasus menjadi metode penelitian yang dipilih karena memungkinkan peneliti untuk secara menyeluruh menganalisis fenomena tertentu dalam konteks nyata, dalam hal ini, desain feed Instagram yang digunakan untuk pemasaran produk yang hasilnya terlihat dari fitur Insight di Instagram.</span></p> Kanaya Bintang Aulia Simangunsong, Pu Arifianto Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/121 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 VISUAL IDENTITY PERPUSTAKAAN MAWAR BLITAR SEBAGAI MEDIA INFORMASI https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/127 <p>Perkembangan Perpustakaan pada masa kini telah mengalami perubahan. Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat koleksi buku, tetapi juga menjadi sarana hiburan dan fasilitas pengembangan kemampuan. Perpustakaan mawar klemunan merupakan perpustakaan desa yang telah berinklusi namun belum memiliki identitas sehingga masih banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya. Solusi yang ditawarkan pada penelitian&nbsp; ini adalah perancangan visual identity sebagai identitas dari perpustakaan. Dimana visual identity ini meliputi corporate identity dan visual merchandising. Visual merchandising dibuat sebagai alat untuk menarik minat pengunjung.&nbsp; Hasil pengujian dengan metode pengisian angket kuisioner dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengurus perpustakaan, pengunjung perpustakaan dan masyarakat sekitar perpustakaan setuju jika perancangan visual identity mampu menarik minat pengunjung dan menjadi sarana promosi yang baik dengan adanya logo, kemeja kerja, kaus, map, note book, pembatas buku dan totebag.</p> Yogi Widya Saka Warsaa, Handry Happy, Khansa Tsabitah Wibawa Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/127 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN BRANDING ASTRON KHITAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/124 <p>Merek adalah elemen yang sangat vital bagi sebuah perusahaan. Lewat merek, perusahaan dapat diidentifikasi</p> <p>dan dinilai oleh masyarakat, baik itu dengan penilaian positif maupun negatif. Dari berbagai banyaknya</p> <p>produk UMKM, kawakibi menawarkan jasanya untuk membantu para pelaku UMKM dapat mengembangkan</p> <p>brand awareness dan meningkatkan penjualan produk melalui media sosial. PT. Kawakibi Digital Branding</p> <p>merupakan perusahaan yang memiliki fokus utama pada sektor branding. Dengan pendekatan yang inovatif</p> <p>dan kreatif, Kawakibi berusaha untuk membantu perusahaan dan logo brand dalam membangun hubungan</p> <p>yang kuat dengan para calon konsumen dan mencapai keberhasilan jangka panjang dalam dunia industri yang</p> <p>kompetitif ini. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi para desainer dan pembaca</p> <p>dalam pemanfaatan strategi marketing.</p> Muhammad Fajrul Falah, Aileena Solicitor Costa Rica El Chidtian*, Prasetyo Adi Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/124 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000 PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF CAMPURAN CERITA RAKYAT “PANGULIMA LAUT” UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK 4-6 TAHUN https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/126 <div><em><span lang="EN-ID">Karakter seorang individu dapat menentukan bagaimana individu tersebut dapat menjalani kehidupannya kelak. Untuk menguatkan karakter seseorang, diperlukan tingkat literasi yang cukup agar individu tersebut memiliki karakter. Pendidikan literasi sangat penting diterapkan ketika anak usia dini atau masa golden age, dimana anak pada usia tersebut sedang dalam masa perkembangan yang dapat menentukan arah perkembangan anak selanjutnya. Oleh karena itu, perancangan buku interaktif campuran “Pangulima Laut” bertujuan menjadi salah satu media referensi bagi orang tua untuk memberikan bacaan menarik untuk anak sejak usia dini. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, kuisioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Melalui perancangan ini, penulis berharap agar orang tua dapat memberikan pendidikan literasi sejak anak usia dini agar dapat meningkatkan literasi anak dan juga Negara</span></em></div> Martinus Eko Prasetyo, Ignatius Ega Wiryawan* Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/126 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0000