KOMODIFIKASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM INDUSTRI KREATIF PERIKLANAN BERDASARKAN INTERPRETASI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

STUDI KASUS IKLAN RICHEESE MI INSTAN

Authors

  • Litya Ainunning Puri Institute Seni Indonesia Surakarta
  • Try Mulyani Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Chairini Aisyah Institute Seni Indonesia Surakarta
  • Linda Utami ISI Surakarta
  • Handriyotopo ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/synakarya.v4i2.102

Keywords:

artificialintelligence, iklan, semiotika, komodifikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam iklan Richeese Mi Instan. Richeese Mi Instan merupakan produk mie dari Richeese Factory. Pada tahun 2023, Richeese Mi Instan memproduksi iklan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Penggunaan Artificial Intelligence (AI) telah banyak digunakan dalam dunia kreatif periklanan, karena dinilai memiliki potensi komodifikasi dalam pemasaran iklan tersebut. Untuk itu penelitian ini menggunakan pendekatan komodifikasi untuk melihat adanya penggunaan Artificial Intelligence (AI) sebagai penarik perhatian konsumen melalui penekanan pada audiovisual yang dihasilkan dari Artificial Intelligence (AI) tersebut. Analisis dilakukan dengan mengkaji teks analisis semiotika Roland Barthes pada tingkat denotasi dan konotasi serta analisis Komodifikasi Media Vincent Moscow. Metode penelitian ini menganalisa terhadap adegan dan dialog yang ada dalam iklan Richeese Mi Instan. Hasil dari penelitian ini  menunjukan bahwa komodifikasi yang dilakukan dalam iklan Richeese Mi Instan dapat menjadi daya tarik penonton terhadap produknya.

 

Kata Kunci: Artificial Intelligence, Iklan, Semiotika, Komodifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Ainunning Puri, L., Mulyani, T. ., Aisyah , C., Utami , L. ., & Handriyotopo. (2023). KOMODIFIKASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM INDUSTRI KREATIF PERIKLANAN BERDASARKAN INTERPRETASI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES: STUDI KASUS IKLAN RICHEESE MI INSTAN. SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(2). https://doi.org/10.33005/synakarya.v4i2.102