KOMODIFIKASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM INDUSTRI KREATIF PERIKLANAN BERDASARKAN INTERPRETASI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES
STUDI KASUS IKLAN RICHEESE MI INSTAN
DOI:
https://doi.org/10.33005/synakarya.v4i2.102Keywords:
artificialintelligence, iklan, semiotika, komodifikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam iklan Richeese Mi Instan. Richeese Mi Instan merupakan produk mie dari Richeese Factory. Pada tahun 2023, Richeese Mi Instan memproduksi iklan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Penggunaan Artificial Intelligence (AI) telah banyak digunakan dalam dunia kreatif periklanan, karena dinilai memiliki potensi komodifikasi dalam pemasaran iklan tersebut. Untuk itu penelitian ini menggunakan pendekatan komodifikasi untuk melihat adanya penggunaan Artificial Intelligence (AI) sebagai penarik perhatian konsumen melalui penekanan pada audiovisual yang dihasilkan dari Artificial Intelligence (AI) tersebut. Analisis dilakukan dengan mengkaji teks analisis semiotika Roland Barthes pada tingkat denotasi dan konotasi serta analisis Komodifikasi Media Vincent Moscow. Metode penelitian ini menganalisa terhadap adegan dan dialog yang ada dalam iklan Richeese Mi Instan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa komodifikasi yang dilakukan dalam iklan Richeese Mi Instan dapat menjadi daya tarik penonton terhadap produknya.
Kata Kunci: Artificial Intelligence, Iklan, Semiotika, Komodifikasi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.