IDENTITAS VISUAL BATIK TORO KUBE KEMBANG TANJUNG DI KOTA BATU SEBAGAI MEDIA INFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.33005/synakarya.v4i2.107Keywords:
Identitas Visual, Batik Toro, Media Informasi, BrandingAbstract
Batik Toro adalah produk kain motif yang dihasilkan oleh Kube Kembang Tanjung.Toro adalah singkatan dari Tombo Loro yang artinya obat sakit., asal mula nama itu sendiri ialah dari sumber mata air tanjung sebagai bahan baku pembuatan zat pewarna alami. Batik Toro di hasilkan dari tangan-tangan terampil ibu-ibu Kube Kembang Tanjung. Kube Kembang Tanjung adalah kelompok usaha bersama yang di berisi oleh ibu-ibu warga kelurahan ngaglik yang berdiri sejak tahun 2020 – sekarang.
Identitas Batik Toro belum banyak dikenal oleh masyarakat karena sejak awal pemasaran batik toro belum memiliki identitas visual sendiri sehingga yang dikenal oleh masyarakat hanya identitas Kube Kembang Tanjung saja. Berdasarkan hasil dari data quisioner yang saya bagikan kepada konsumen dan warga sekitar bahwa 85% dari mereka tidak mengetahui bahwa nama dari produk yang dihasilkan oleh Kube Kembang Tanjung bernama “ Batik Toro”.
Solusi yang ditawarkan pada penelitian ini adalah perancangan identitas visual sebagai media informasi untuk Batik Toro Kube Kembang Tanjung. Melalui dilakukannya perancangan identitas visual diharapkan dapat membantu Batik Toro Kube Kembang Tanjung agar semakin dikenal oleh khalayak luas. Hasil pengujian responden dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa identitas visual Kube Kembang Tanjung efektif sebagai media informasi untuk Kube Kembang Tanjung Tersebut.
Kata kunci: identitas visual, Batik Toro, Media Informasi
Downloads
References
Agusria, L.(2021). Kiat Sukses Mengembangkan UMKM. (online) Tersedia:https://jurnal.um- palembang.ac.id (Diakses pada 10 Desember 2022).
Calori, C. (2015). Signage and wayfinding. Canada: john wilwy & Sens,inc
Danton, Sihombing. (2015). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.
Djuliansyah, Irpan (2013) Perancangan Sign System Stasiun Televisi TVRI Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.(online). Tersedia: https://repository.unikom.ac.id/23166/ (diakses pada 29 november 2022)
Julianti, Sri. (2014). The Art Of Packaging. Jakarta: Gramedia.
Putra, Ricky W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Yogyakarta: ANDI
Sanyoto. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Tersedia: http://www.tipsdesain.com/teoriwarna.ht ml. [diakses 10 oktober 2022]
Setiawan, Samhis. (2020). Pengertian Promosi – Tujuan, Fungsi, Komponen, Bentuk, Para Ahli. [online]. Tersedia: https://www.gurupendidikan.co.id/ [diakses 20 Januari]
Supriyono, Rakhmat (2010). Desain Komunikasi Visual Trori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Gramedia.
Ritonga, M H, Fikri E M, Dkk.(2018). Manajemen Pemasaran Konsep Dan Strategi. Medan
Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia. Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta.
Tinarbuko, Sumbo. (2015). Desain Komunikasi Visual - Penanda Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS
Toriqa. (2021) pengertian CorelDraw. [online]. Tersedia: https://toriqa.com/pengertian- corel-draw/ [diakses 12 desember 2022]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.