PERANCANGAN KONTEN PROMOSI BUKU ANAK PADA AKUN INSTAGRAM PUSTAKA CEMERLANG
DOI:
https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i1.110Keywords:
Children’s Book, Instagram, MultimediaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membantu buku-buku Pustaka Cemerlang mencapai jangkauan konsumen yang lebih luas serta meningkatkan keterlibatan konsumen dengan akun Instagram Pustaka Cemerlang. Strategi yang diadopsi dalam penelitian ini adalah perancangan konten multimedia di platform Instagram. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, analisis konten promosi serupa lainnya, serta penerapan strategi kreatif dalam perancangan konten promosi yang sesuai dengan harapan brand Pustaka Cemerlang. Hal ini dilakukan khususnya dalam perancangan konten feeds dan reels untuk mempromosikan buku berjudul "Buku Aktivitas Muatan Lokal Anak bertema Sidoarjo Kebangganku," yang ditujukan untuk kalangan Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak. Pendekatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan daya tarik dan engagement konsumen terhadap akun Instagram Pustaka Cemerlang.
Downloads
References
Ajis, T. M., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Social Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(2), 212-223. https://doi.org/10.61567/jmmib.v1i2.22
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Rajawali Press.
Condrobimo, A. R., & Mitchell, J. L. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Tempat Pemasaran Digital di Indonesia. Retrieved November 27, 2023, from https://binus.ac.id/malang/2018/09/digital-marketing-kenapa-harus-medsos/
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Kotler, P., Armstrong, G., Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing 17th ed. (17th ed., Global Ed.). Harlow: Pearson.
Landa, R. (2018). Graphic Design Solutions. Cengage Learning.
Muamar, J., & Imtinan, G. H. (2022). Instagram Sebagai Medium Komunikasi Risiko Orang Tua Kepada Anak Selama Pandemi Covid-19: Studi Netnografi Komunitas Pola Asuh Virtual. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(01), 27-46. https://doi.org/10.46937/20202238987
Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Roswita, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Pkn Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik Kelas XI (Studi Survey di SMA Bina Dharma 2 Bandung) (Disertasi). Universitas Pasundan, Bandung.
Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis adopsi media sosial sebagai sarana pemasaran digital bagi UMKM makanan dan minuman di Jatinangor. JESYA (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 2(1), 188-198. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.45
Rahman, D., Rizal, S., & Yunus, M. (2023). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Mobil Listrik Wuling Air Ev Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi, 16(1), 1-14.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Yonatan, A. Z. (2023). Menilik Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026. GoodStats. Retrieved November 27, 2023, from https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.