PERANCANGAN STORYBOOK INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DAN KREATIVITAS ANAK DI WILAYAH SIDOARJO

Authors

  • Zakiyah Kharismatuzzahra Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Aninditya Daniar* Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i1.111

Keywords:

buku, cerita, design, storybook

Abstract

Literasi dan kreativitas anak melibatkan kemampuan mereka dalam membaca, menulis, dan memahami informasi serta melibatkan kemampuan mereka untuk berimajinasi, berinovasi dan mengekspresikan ide-ide baru. Keduanya penting dalam perkembangan anak karena literasi membantu mereka memahami dunia, sementara kreativitas memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan menemukan solusi yang inovatif. Untuk meningkatkan literasi dan kreativitas dan nilai-nilai karakter anak, penelitian merancang media pembelajaran berupa storybook pengenalan hewan yang menggabungkan pendidikan karakter dan stimulasi kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif dengan model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai seperti karakter religius, toleransi, persahabatan, kepedulian sosial, disiplin, dan perdamaian. Selain itu, buku ini juga bermanfaat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ady Prasetyo, Y., Seni Rupa, J., Bahasa dan Seni, F., & Negeri Semarang, U. (2014). Arty: Journal of Visual Arts ILUSTRASI BUKU CERITA FABEL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK. In Arty (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty

Balai, D., Daerah, B., Yogyakarta, I., Ratih, R., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2016). MENULIS CERITA ANAK: MENANAM KATA BERBUAH KARYA.

Buku Bergambar, P., Santoso, D. H., & Sos, S. (2008). MEMBANGUN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI.

Gede Dharman Gunawan, I., UNHI Denpasar, P., & Palangka Raya, I. (n.d.). CERITA DONGENG SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/tampung-penyang

Gora, R., Maryam, S., & Christianti, M. F. (2022). Pelatihan Mendesain Storyboard untuk Produksi Iklan Visual pada Yayasan Rumah Gemilang Indonesia, Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://journal.sinergicendikia.com/index.php/emp

Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, D., & Vidya Fakhriyani, D. (2016). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. 4(2).

Miranda, D., Prodi, D., Paud, P. G., & Untan, F. (n.d.). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS AUD.

Pertama Wati, T., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). Jurnal Pendidikan e-issn (Vol. 5, Issue 2).

Rosvita, O. A., & Anugraheni, I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Jurnal Pendidikan Rokania, VI(1), 23–34.

Satria, G., Iskandar, R., & Usman, R. (n.d.). Jurnal Desain Komunikasi Kreatif Perancangan Buku Cerita Bergambar Permainan Sipak Tekong. https://doi.org/10.35134/judikatif.v131.1

Downloads

Published

2024-10-03

How to Cite

Kharismatuzzahra, Z., & Daniar*, A. . (2024). PERANCANGAN STORYBOOK INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN UNTUK MENGEMBANGKAN LITERASI DAN KREATIVITAS ANAK DI WILAYAH SIDOARJO. SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i1.111