PERANCANGAN ILUSTRASI SEBAGAI SARANA MEMPROMOSIKAN PERSONAL BRANDING CV PUSTAKA CEMERLANG

Authors

  • Zahra Rizky Nabilla UPNVJT
  • Aninditya Daniar* UPN Veteran Jawa Timur
  • Bayu Setiawan UPN Veteran Jawa Timur

Keywords:

Ilustrasi, Personal Branding, Penelitian dan Pengembangan

Abstract

Penelitian ini menggambarkan profil Pustaka Cemerlang yang fokus pada pelayanan jasa penerbitan, distribusi dan percetakan untuk lembaga pendidikan. Terdapat kekurangan dalam pengembangan personal branding di lingkungan Pustaka Cemerlang, dengan penekanan pada citra konsisten dan penonjolan prestasi. Pembahasan juga mencakup manfaat personal branding dan peran media sosial. Selanjutnya, penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan yang fokus pada pengembangan ilustrasi untuk mendukung personal branding. Proses perancangan ilustrasi melibatkan analisis konsep, riset style, sketsa, dan proses pengerjaan dengan langkah-langkah detail. Tahap evaluasi dan revisi dilakukan untuk memastikan kualitas ilustrasi memenuhi standar Pustaka Cemerlang. Penelitian ini menghasilkan sebuah ilustrasi dengan generasi baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyari, R., Bagja, B. R., & Sari, E. C. (2022). Ilustrasi Desain Dalam Media Interaktif Cerita Rakyat Sukabumi Berbasis Aplikasi Untuk Anak Sekolah Dasar Di Sd Islam Attarbiyah. Jurnal Dasarrupa: Desain Dan Seni Rupa, 4(1), 16–28. https://doi.org/https://doi.org/10.52005/dasarupa.v4i1.79

Dwiputra, Y. K., & Aryani, T. N. (2021). Analisis Pengaruh Ilustrasi Pada Kemasan “Kemripik” Terhadap Minat Beli Alumni Sma Pl Servasius Bekasi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Media Baru, 3(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24167/tr.v3i2.3114

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2013). Context and illustration compatibility in booked books to educate early child characters. 158–169.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50

Janottama, I. P. A., & Putraka, A. N. A. (2017). Gaya dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh pada Cerita Rakyat Bali. Segara Widya : Jurnal Penelitian Seni, 5, 25–41. https://doi.org/https://doi.org/10.31091/sw.v5i0.189

Khodijah, S., Jahira, N., Karima, U., & Zahroh, W. (2023). Sosialisasi Personal Branding dan Desain Grafis oleh Mahasiswa KKN Uniwara dalam Meningkatkan Potensi UMKM Masyarakat Di Kelurahan Tapaan Kota Pasuruan. Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(4), 111–119. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i4.1314

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244–257. https://doi.org/https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/986

Nurcahyo, M. (2022). Kajian Peran Sketsa dalam Proses Kreatif dan Pendidikan Desain (Kasus Pengalaman Belajar Desain di Era Digital). Lintas Ruang: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, 10(2), 86–97. https://doi.org/10.24821/lintas.v10i2.7199

Pangestu, I. A., & Islam, M. A. (2020). Inspirasi Pop Art Style Pada Perancangan Komunikasi Visual Album Kanan Dan Kiri Band Dandelions. Barik - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(3), 226–237. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/36244

Widyastuti, D. A., Wiloso, P. G., & Herwandito, S. (2017). ANALISIS PERSONAL BRANDING DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Personal Branding Sha’an d’Anthes di Instagram). Jurnal Inovasi, 11(1), 1–16. https://doi.org/https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/view/649

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Nabilla, Z. R., Daniar*, A., & Setiawan, B. . (2024). PERANCANGAN ILUSTRASI SEBAGAI SARANA MEMPROMOSIKAN PERSONAL BRANDING CV PUSTAKA CEMERLANG. SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(1), 25–34. Retrieved from https://synakarya.upnjatim.ac.id/index.php/synakarya/article/view/115