PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF CAMPURAN CERITA RAKYAT “PANGULIMA LAUT” UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ANAK 4-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i1.126Keywords:
buku interaktif, ilustrasi, literasi, golden ageAbstract
Karakter seorang individu dapat menentukan bagaimana individu tersebut dapat menjalani kehidupannya kelak. Untuk menguatkan karakter seseorang, diperlukan tingkat literasi yang cukup agar individu tersebut memiliki karakter. Pendidikan literasi sangat penting diterapkan ketika anak usia dini atau masa golden age, dimana anak pada usia tersebut sedang dalam masa perkembangan yang dapat menentukan arah perkembangan anak selanjutnya. Oleh karena itu, perancangan buku interaktif campuran “Pangulima Laut” bertujuan menjadi salah satu media referensi bagi orang tua untuk memberikan bacaan menarik untuk anak sejak usia dini. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, kuisioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Melalui perancangan ini, penulis berharap agar orang tua dapat memberikan pendidikan literasi sejak anak usia dini agar dapat meningkatkan literasi anak dan juga NegaraDownloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Dyah Utami, L., & Perpustakaan Kemendagri. (n.d.). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara.
Eko Prasetyo, M., Streit, A., & Vinesia Thong, E. (2022). Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif “Let’s Play Hide and Seek” Untuk Anak Berusia 3+ (Issue 2).
Ghozalli, E., & Kemendikbud. (2020). Panduan Mengilustrasi Dan Mendesain Cerita Anak Untuk Tenaga Profesional.
Graha, G. K., & Radio Edukasi Kemendikbud. (2020). Keberagaman Budaya Indonesia dalam Semangat Nasionalisme.
Hadiwijaya, F., & Provinsi Banten, D. K. dan K. (2022). Komunitas Literasi dan Kemandiriannya.
Isnanda, R. (2015). Struktur Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat.
Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(2). https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238
Kemendikbud. (2021). Dukung Pembelajaran di Sekolah, Balai Bahasa Sumatra Utara Dokumentasikan Cerita Rakyat.
Mastiyah, I., & Puslitbang. (2019). Survey Penggunaan Smartphone Pada Siswa Usia Dini Di Lembaga Pendidikan Raudhatul Athfal (RA). https://kominfo.go.id
Mutia Siregar, S., Utomo, B., & Marlina, L. (2020). Perancangan Buku Interaktif untuk Memperkenalkan Ragam Profesi Sebagai Sarana Pengembangan Minat Pelajar Usia Dini (Vol. 3).
Natasya, G., Prasetyo, M. E., & Mulia, U. B. (2022). Kajian Rancangan Buku Cerita Anak Chaka & Chiki : Mengenal Lovebird. 1–23.
Pertama, P., Martinus, ), & Prasetyo, E. (2023). Perancangan Film Pendek Berjudul “Mudahnya Membaca” Tentang Gerakan Literasi Nasional Pada Remaja. In Universitas Nusa Putra (Vol. 01).
Sari, M. K., Rulviana, V., Suyanti, S., Budiartati, S., & Rodiyatun, R. (2021). Budaya Literasi Sebagai Upaya Pengembangan Karakter pada Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bantul Kota. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 112. https://doi.org/10.30651/else.v5i1.6382
Sunendar, D. (2016). Bohong Merinang Ditulis oleh Nurelide.
Umi Kya, L., & Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud. (n.d.). Pengembangan Budaya Literasi Keluarga bagi Anak Usia Dini.
Yunda Mairly Aryanti. (2023). Perancangan Desain Sampul Dan Ilustrasi Naskah Buku Anak “Berlibur Ke Kota Udang.” Polimedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.