FENOMENA FOTOGRAFI OLAHRAGA JALANAN KOMERSIAL: KAJIAN RETORIKA VISUAL, TANDA, DAN MAKNA (STUDI KASUS @MASBAMBANGMOTO)

Authors

  • Dodo Ogi Irawan Pascasarjana ISI Yogyakarta
  • Prayanto Widyo Harsanto Pascasarjana ISI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i2.128

Keywords:

fotografi olahraga, fotografi jalanan, fotografi komersial, retorika visual

Abstract

Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh pada berbagai lini kehidupan. Banyak gaya hidup baru yang timbul karenanya, salah satunya yaitu gaya hidup sehat menjaga imunitas tubuh agar tetap tinggi dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang digemari pada masa pandemi COVID-19 adalah bersepeda karena sesuai dengan kebijakan WHO yaitu menjaga jarak dengan individu lain. Pandemi COVID-19 juga menimbulkan dampak negatif pada perkonomian. Fotografer olahraga adalah salah satu profesi yang terdampak karena kegiatan/acara olahraga dapat mengakibatkan kerumunan manusia yang berpotensi memperparah penyebaran virus COVID-19. Berhentinya acara olahraga memaksa fotografer olahraga turun ke jalan mengambil foto orang biasa yang sedang berolahraga untuk dijual di media sosial untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Kegiatan ini mengkombinasikan gaya fotografi olahraga, fotografi jalanan, dan fotografi komersial. Objek penelitian adalah Erditya, fotografer olahraga yang memiliki akun Instagram @masbambangmoto. Pada penciptaan fotonya, selain menerapkan kaidah fotografi, Erditya juga mempertimbangkan penerapan retorika visual pada setiap elemen agar fotonya ‘menjual’.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awang Bersepeda. https://www.youtube.com/watch?v=Hk6n2sUdjN0

Budi, D. R., Widyaningsih, R., Nur, L., Agustan, B., Dwi, D. R. A. S., Qohhar, W., & Asnaldi, A. (2021). Cycling during covid-19 pandemic: Sports or lifestyle? International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 765–771. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090422

Dalton, S. (1985). Split Second: The World of High Speed Photography. Salem House Pub.

Fauziah, S. (2020). Cerita fotografer raup untung dari pesepeda di Jembatan Kuningan Pertemanan luar biasa antar fotografer olahraga yang terdampak pandemi terlihat di sini.

Foss, S. K. (2004). Theory of Visual Rhetoric. In K. L. Smith, S. Moriarty, K. Kenney, & G. Barbatsis (Eds.), Handbook of Visual Communication (pp. 141–152). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781410611581

Gillanders, R. (2014). The Photographic Portrait. A David & Charles Book.

Hall, S. (1997). The work of representation. In S. Hall (Ed.), Representation: Cultural representations and signifying practices (pp. 13–74). Sage Publications.

Harsanto, P. W. (2016). Retorika Visual Fotografis. PT. Kanisius.

Imaduddin, M. H., & Jaya, E. E. (2021). Jembatan Kuningan, Simbol Kebangkitan Fotografer Olahraga pada Masa Pandemi. https://www.kompas.com/sports/read/2021/01/03/16500028/jembatan-kuningan-simbol-kebangkitan-fotografer-olahraga-pada-masa-pandemi?page=all

Karunia, A. M., & Setiawan, S. R. D. (2020). Permintaan Sepeda Melonjak di Tengah Pandemi, Masyarakat Rela Inden. https://money.kompas.com/read/2020/06/30/134200926/permintaan-sepeda-melonjak-di-tengah-pandemi-masyarakat-rela-inden

Langford, M. J. (1980). The Camera Book. Watson-Guptill Pubns.

Olson, L. C., Finnegan, C. A., & Hope, D. S. (2008). Visual Rhetoric in Communication: Continuing Questions and Contemporary Issues. In L. C. Olson, C. A. Finnegan, & D. S. Hope (Eds.), A Reader in Communication and American Culture (pp. 1–14). Sage Publications.

Patton, T. O. (2020). Visual Rethoric: Theory, Method, and Application in the Modern World. In K. L. Smith, S. Moriarty, K. Kenney, & G. Barbatsis (Eds.), Handbook of visual communication: Theory, methods, and media (pp. 125–138). Routledge.

Präkel, D. (2006). Basics Photography 01 Composition. AVA Publishing SA.

Quint, B. (1985). The Joy of Photography. Addison Wesley.

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Irawan, D. O., & Prayanto Widyo Harsanto. (2024). FENOMENA FOTOGRAFI OLAHRAGA JALANAN KOMERSIAL: KAJIAN RETORIKA VISUAL, TANDA, DAN MAKNA (STUDI KASUS @MASBAMBANGMOTO). SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i2.128