FENOMENA FOTOGRAFI OLAHRAGA JALANAN KOMERSIAL: KAJIAN RETORIKA VISUAL, TANDA, DAN MAKNA (STUDI KASUS @MASBAMBANGMOTO)
DOI:
https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i2.128Keywords:
fotografi olahraga, fotografi jalanan, fotografi komersial, retorika visualAbstract
Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh pada berbagai lini kehidupan. Banyak gaya hidup baru yang timbul karenanya, salah satunya yaitu gaya hidup sehat menjaga imunitas tubuh agar tetap tinggi dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang digemari pada masa pandemi COVID-19 adalah bersepeda karena sesuai dengan kebijakan WHO yaitu menjaga jarak dengan individu lain. Pandemi COVID-19 juga menimbulkan dampak negatif pada perkonomian. Fotografer olahraga adalah salah satu profesi yang terdampak karena kegiatan/acara olahraga dapat mengakibatkan kerumunan manusia yang berpotensi memperparah penyebaran virus COVID-19. Berhentinya acara olahraga memaksa fotografer olahraga turun ke jalan mengambil foto orang biasa yang sedang berolahraga untuk dijual di media sosial untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Kegiatan ini mengkombinasikan gaya fotografi olahraga, fotografi jalanan, dan fotografi komersial. Objek penelitian adalah Erditya, fotografer olahraga yang memiliki akun Instagram @masbambangmoto. Pada penciptaan fotonya, selain menerapkan kaidah fotografi, Erditya juga mempertimbangkan penerapan retorika visual pada setiap elemen agar fotonya ‘menjual’.
Downloads
References
Awang Bersepeda. https://www.youtube.com/watch?v=Hk6n2sUdjN0
Budi, D. R., Widyaningsih, R., Nur, L., Agustan, B., Dwi, D. R. A. S., Qohhar, W., & Asnaldi, A. (2021). Cycling during covid-19 pandemic: Sports or lifestyle? International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 765–771. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090422
Dalton, S. (1985). Split Second: The World of High Speed Photography. Salem House Pub.
Fauziah, S. (2020). Cerita fotografer raup untung dari pesepeda di Jembatan Kuningan Pertemanan luar biasa antar fotografer olahraga yang terdampak pandemi terlihat di sini.
Foss, S. K. (2004). Theory of Visual Rhetoric. In K. L. Smith, S. Moriarty, K. Kenney, & G. Barbatsis (Eds.), Handbook of Visual Communication (pp. 141–152). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781410611581
Gillanders, R. (2014). The Photographic Portrait. A David & Charles Book.
Hall, S. (1997). The work of representation. In S. Hall (Ed.), Representation: Cultural representations and signifying practices (pp. 13–74). Sage Publications.
Harsanto, P. W. (2016). Retorika Visual Fotografis. PT. Kanisius.
Imaduddin, M. H., & Jaya, E. E. (2021). Jembatan Kuningan, Simbol Kebangkitan Fotografer Olahraga pada Masa Pandemi. https://www.kompas.com/sports/read/2021/01/03/16500028/jembatan-kuningan-simbol-kebangkitan-fotografer-olahraga-pada-masa-pandemi?page=all
Karunia, A. M., & Setiawan, S. R. D. (2020). Permintaan Sepeda Melonjak di Tengah Pandemi, Masyarakat Rela Inden. https://money.kompas.com/read/2020/06/30/134200926/permintaan-sepeda-melonjak-di-tengah-pandemi-masyarakat-rela-inden
Langford, M. J. (1980). The Camera Book. Watson-Guptill Pubns.
Olson, L. C., Finnegan, C. A., & Hope, D. S. (2008). Visual Rhetoric in Communication: Continuing Questions and Contemporary Issues. In L. C. Olson, C. A. Finnegan, & D. S. Hope (Eds.), A Reader in Communication and American Culture (pp. 1–14). Sage Publications.
Patton, T. O. (2020). Visual Rethoric: Theory, Method, and Application in the Modern World. In K. L. Smith, S. Moriarty, K. Kenney, & G. Barbatsis (Eds.), Handbook of visual communication: Theory, methods, and media (pp. 125–138). Routledge.
Präkel, D. (2006). Basics Photography 01 Composition. AVA Publishing SA.
Quint, B. (1985). The Joy of Photography. Addison Wesley.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.