PERANCANGAN DESAIN KARAKTER UNTUK “HEART AT WAR” PADA LEOLIT GAMES

Authors

  • Ridwan Abdul Malik Universitas Catur Insan Cendekia
  • Ine Rachmawati Universitas Catur Insan Cendekia
  • Suhadi Parman Universitas Catur Insan Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i2.132

Keywords:

Video Game, Developer Game, Desain Krakter, Heart at War

Abstract

Industri video game di Indonesia berkembang pesat, dengan kontribusi dari developer lokal seperti Leolit Games yang berbasis di Semarang. Leolit Games sedang mengembangkan "Heart at War," sebuah game bergenre survival, management, dan simulation yang berfokus pada pendalaman cerita. Penelitian ini bertujuan merancang enam konsep desain karakter orisinal untuk game tersebut. Metode yang digunakan adalah Research & Development model PPE dari Richey & Klein, yang mencakup Planning, Production, dan Evaluation. Selain itu, penelitian ini juga berpedoman pada buku "Creative Character Design" oleh Bryan Tillman, 2019. Hasilnya adalah enam konsep desain karakter untuk kebutuhan "Heart at War." Rancangan ini ditargetkan untuk pitching di IGDX Academy 2024 bersama Leolit Games, dengan tujuan jangka panjang pengembangan game di platform "Steam." Penulis berperan sebagai character designer artist, bertanggung jawab menciptakan karakter yang sesuai dengan kebutuhan game ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tillman, B.(2019). Creative Character Design. CRC Press/Taylor & Francis Group, the academic division of T&F Informa, plc.

Yulistania, G. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komik pada Materi Aritmatika Sosial Berbantuan Flip PDF Professional. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

Amalia, R., Mutohari, A. S., Solihah, Y. A., & Parman, S. (2023). Perancangan Buku POP-UP Yok Ngenali 7 Jajanan Khas Cerbon Sebagai Media Pembelajaran Mulok Bahasa Cirebon. Jurnal Grafis, 2(1), 37-45.

Hartanto, D., Rohman, M. A., & Wibisono, M. N. (2023). Perancangan Konsep Karakter Biwar the Legend of Dragon Slayer oleh Devata Studio melalui Latrust Studio. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(5), 755–772.

Husin, N. (2021). Rancang Bangun Game Berbasis Android Bertemakan Cerita Rakyat Betawi Si Pitung. Jurnal Esensi Infokom, 5(2). 31-36.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. DHARMA ACARIYA NUSANTARA. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.

Rahman, L. N., Mario, & Deanda, T. R. (2023). Character Design Visual Novel Game Melati Nyi Mas Belimbing. e-Proceeding of Art & Design, 10(6), 7785.

Sabilillah, V. F., Muthohari, A. S., & Parman, S. (2023). Perancangan Media Interaktif Virtual Tour Universitar Catur Insan Cendikia. Jurnal Grafis, 1(2), 51-58.

Databoks & Muhamad, N. (11 Januari 2024). Indonesia Jadi Kontributor Game Terbanyak di Platform Steam se- Asia Tenggara. Databoks. Diakses pada 25 Februari 2024, dari : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/11/indonesia-jadi-kontributor-game-terbanyak-di- platform-steam-se-asia-tenggara

Gamemaker.io & Bramble, R. (10 Mei 2023). What Are The Main Stages Of Game Development?. Diakses pada 26 Februari 2024, dari : https://gamemaker.io/en/blog/stages-of-game-development.

Gamelab.ID. (18 April 2022). Mengenal Profesi Game Developer: Definisi, Tugas, Skill, dan Prospek Kerjanya Berita. Diakses pada 2 Maret 2024, dari : https://www.gamelab.id/news/1670-mengenal-profesi-game- developer-definisi -tugas-skill-dan-prospek-kerjanya

KEMENPAREKRAF & Hendriyani, I. G. A. D. (20 Februari 2024). Siaran Pers: Perpres Nomor 19/2024 Diharapkan Mampu Akselerasi Industri Gim Nasional. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Diakses pada 25 Februari, 2024, dari : https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-perpres-nomor-192024- diharapkan-mampu-akselerasi-industri-gim-nasional

Leolit Games. (2024). Leolit Games Official Website. Diakses pada 26 Februari 2024, dari : https://leolitgames.com/

Republic of Gamers & Fikri, M. K. (2023).. Sejarah Games Pertama Di Dunia Dan Game Lawas Lainnya. Diakses pada 24 April 2024, dari : https://rogcommunity.id/article/gaming/games-pertama-di-dunia/

Steam & 11 Bit Studios, (2014). This War of Mine. Diakses pada tanggal 28 April 2024, pukul 09:00, dari : https://store.steampowered.com/app/282070/This_War_of_Mine/

Steam & Red Candle, (2017). Detention. Diakses pada tanggal 28 April 2024, pukul 09:00, dari : https://store.steampowered.com/app/555220/Detention/

Steam & Dali Games, (2018). Lucid Dream. Diakses pada tanggal 28 April 2024, pukul 09:00, dari : https://store.steampowered.com/app/773090/Lucid_Dream_Adventure/

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Malik, R. A. ., Rachmawati, I. ., & Parman, S. . (2024). PERANCANGAN DESAIN KARAKTER UNTUK “HEART AT WAR” PADA LEOLIT GAMES. SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(2), 31–48. https://doi.org/10.33005/synakarya.v5i2.132