MOTION GRAPHIC KAMPUNG WISATA JAMBANGAN SURABAYA SEBAGAI SARANA EDUKASI LINGKUNGAN SEHAT DAN BERSIH

Authors

  • Bryan Syauqi Firdaus UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Widyasari
  • Diana Aqidatun Nisa

DOI:

https://doi.org/10.33005/synakarya.v4i1.84

Keywords:

Animation, Environment, Education, Tourism Village, Litter, Recycle

Abstract

Kampung Jambangan is a tourist village located in a densely populated area in the heart of Surabaya City. The environmental management in Kampung Jambangan can serve as a role model for educating the community about a healthy and clean environment. The research method used was descriptive qualitative, employing interview techniques, questionnaires, and observations of the residents of Kampung Jambangan. The results of this study indicate that the design of motion graphic animations on the education of a healthy and clean environment, using Kampung Jambangan as a case study, can be used as an effort to conserve the environment and campaign for preserving the environment in densely populated urban villages. Motion graphic animations can be an effective educational tool to enhance public awareness regarding a healthy and clean environment, by taking Kampung Jambangan as a benchmark case. The findings of this study can serve as a reference for the development of campaigns promoting a healthy and clean environment in densely populated urban villages.

Keywords: Animation, Environment, Education, Tourism Village, Litter, Recycle.

 

ABSTRAK

Kampung Jambangan merupakan kampung wisata yang berada di area padat penduduk di tengah Kota Surabaya. Pengelolaan lingkungan di Kampung Jambangan sudah bisa dijadikan sebagai panutan untuk mengedukasi masyarakat tentang lingkungan sehat dan bersih Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara, kuisoner dan observasi terhadap masyarakat Kampung Jambangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan animasi motion graphic mengenai edukasi lingkungan yang sehat dan bersih dengan percontohan Kampung Jambangan ini dapat digunakan sebagai salah satu upaya konservasi lingkungan hidup dan kampanye tentang cara melestarikan lingkungan di kampung-kampung yang berada di perkotaan yang padat penduduk. animasi motion graphic dapat dijadikan sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait lingkungan yang sehat dan bersih dengan mengambil percontohan Kampung Jambangan sebagai studi kasus. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan kampanye-kampanye lingkungan yang sehat dan bersih di kampung-kampung perkotaan yang padat penduduk.

Kata Kunci: Animasi, Lingkungan, Edukasi, Kampung Wisata, Sampah, Daur Ulang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-12

How to Cite

Syauqi Firdaus, B., Widyasari, & Diana Aqidatun Nisa. (2023). MOTION GRAPHIC KAMPUNG WISATA JAMBANGAN SURABAYA SEBAGAI SARANA EDUKASI LINGKUNGAN SEHAT DAN BERSIH. SYNAKARYA - Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.33005/synakarya.v4i1.84